Termite Control / Pengendalian Rayap






Termite control / pengendalian rayap di rumah / kantor / pabrik dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

1. Sistem injeksi rayap
2. Sistem pengumpanan rayap.

Kedua sistem pengendalian rayap tersebut memiliki perbedaan dalam penerapannya. Sistem injeksi rayap ditujukan untuk bangunan yang masih dalam tahap pondasi atau bangunan yang sudah jadi tetapi belum terkena serangan rayap. Sedangkan sistem pengumpanan rayap ditujukan untuk bangunan sudah jadi dan terkena serangan rayap.

Sistem injeksi rayap bertujuan untuk mencegah naiknya rayap melalui dinding / tembok rumah. Chemical yang disemprotkan akan mencegah rayap naik melalui dinding pondasi. 

Sedangkan sistem pengumpanan rayap bertujuan untuk mengeliminasi rayap yang sudah naik agar semua koloni rayap tersebut dapat terelimnasi semuanya. Pada sistem pengumpanan rayap ini, umpan yang sudah dipasang akan dimonitoring setiap 2 minggu sekali sampai eliminasi total. Masa eliminasi ini berkisar 3 sampai dengan 6 bulan.

Dalam hal tertentu terkadang harus diterapkan 2 sistem sekaligus yaitu sistem injeksi rayap dan sistem pengumpanan rayap. Biasanya ini diterapkan karena ditemukan 2 jenis rayap yang berbeda dalam satu lokasi yang sama. Untuk rayap jenis microthermes / macrothermes penanganannya dengan sistem injeksi rayap. Sedangkan untuk jenis rayap coptothermes diberantas dengan sistem pengumpanan rayap.