Cara Memberantas Hama Rayap


Rayap tanah jenis coptothermes adalah jenis rayap yang ganas dan mampu naik ke gedung sampai ketinggian 30 lantai. Rayap tersebut biasanya membuat semacam terowongan tanah agar terlindung dari sinar matahari. 



Rayap pada kusen
Jalur rayap pada kayu














Di rumah-rumah biasanya rayap menyerang peralatan yang terbuat dari kayu. Mulai dari pintu, kusen, jendela, kitchen set, lemari kayu dll.

Kusen yang terbuat dari kayu bisa menjadi keropos karena dimakan rayap. Adapun cara menangani rayap yang sudah naik tersebut dapat diterapkan sistem pengumpanan rayap (termite baiting system).

Pada dasarnya sistem penanganan rayap ada 2 yaitu :

A. Chemical Barier System ( CBS )
Aplikasi CBS dapat dilakukan untuk bangunan yang belum berdiri (Pra Konstruksi) maupun bangunan yang sudah jadi (Post Konstruksi) menggunakan Termitisida yang terpilih sehingga selain mengeliminasi rayap yang ada system ini juga sekaligus melindungi serangan rayap dikemudian hari.

B. Termite Baiting System ( TBS )
Aplikasi TBS dilakukan apabila system CBS tidak dapat dilakukan atau dianggap system CBS tidak dapat maksimal di suatu tempat. Adapun system TBS ini adalah pemasangan umpan di jalur aktif rayap yang diharapkan rayap aktif jenis pekerja yang ada memakan umpan yang dipasang dan mentransfer keseluruh koloni sehingga satu koloni tereliminasi.

Untuk sistem pengumpanan rayap (termite baiting system) memerlukan waktu 3-6 bulan agar rayap tereliminasi total. Dalam masa tersebut harus dilakukan monitoring rayap setiap 2 minggu sekali agar terpantau perkembangan dari umpan yang dipasang sampai rayap benar-benar habis (eliminasi).

HUBUNGI KAMI :

CV Jakarta Inti Nusa
Jl. Pulomas 2C No. 14
Jakarta Timur

Phone : 021-9604.6408
Mobile : 0813.8650.1642
Pin BB : 578b8B62
Email : jakartatermitecontrol@gmail.com